Juara di Losail, Ini Torehan yang Capai Vinales

Pebalap asal Italia, Maverick Vinales, yang menjalani debutnya di gelara MotoGP tahun ini di Qatar bersama dengan Yamaha Moviestar berhasil finish di peringkat pertama. Kemenangan ini faktanya menghadirkan sejumlah torehan istimewa bagi pria berusia 22 tahun tersebut.

Juara di Losail, Ini Torehan yang Capai Vinales

Yang pertama, setelah berhasil paling dulu mencapai garis finish di Losail, Qatar, Vinales berhasil memasuki jajaran pebalap yang berhasil memenangi dua seri MotoGP Dengan produsen berbeda. Sebelumnya hal itu cuma dilakukan Valentino Rossi (Honda dan Yamaha), Max Biaggi (Yamaha dan Honda), Casey Stoner (Ducati dan Honda), dan Andrea Dovizioso (Honda dan Ducati). Sementara itu, Vinales sendiri pernah finish di urutan pertama saat masih membela Suzuki, tepatnya di edisi ke-12 MotoGP tahun 2016 lalu di Silverstone.

Tak Hanya itu, mengingat usianya masih 22 tahun, Vinales adalah rider termuda dalam sejarah setelah Mike Hailwood yang mampu mencapai rekor tersebut. Para pebalap senior seperti Valentino Rossi pun tidak bisa menyamai rekor Vinales saat masih muda dulu.

Namun selain Vinales, ada beberapa rider lain di masa lalu yang pernah mencapai garis finish paling pertama dengan Yamaha dan Suzuki, mereka diantaranya adalah Barry Sheene, Randy Mamola, dan Jack Middelbur.

Sementara itu torehan istimewa berikutnya adalah, Maverick Vinales berhasil mengikuti jejak rekan setimnya, Valentino Rossi. Masih ingat betul saat Rossi memenangkan balapan debutnya bersama Yamaha pada tahun 2004 silam di Afrika Selatan.

Menarik juga bagi yamaha, karena kemenangan Vinales membuat mereka selalu menaklukan Sirkuit tersbut dalam tiga edisi terakhir secara beruntun, masing-masing oleh Rossi di 2015, Jorge Lorenzo pada 2016, dan Vinales di 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *